DIBALIK SENYUMMU TERSELIP

RASA SEDIH YANG MENDALAM

Jakarta oh Jakarta namamu begitu indah di dengar,kotamu begitu indah di pandang mata ,itulah ibukota Indonesia yakni Jakarta . Dibalik kemegahan dan keeksotisannya tersimpan banyak cerita yang layak untuk di simak dan ditelusuri bersama . Jakarta merupakan tempat yang sangat eksotis , pantas jika Jakarta disandang sebagai  kota metropolitan tempatnya orang menuntut Ilmu , berbisnis ,mencari pekerjaan, dan tempatnya orang mengadu nasib dll . Ribuan orang tiap tahunnya melakukan urbanisasi dari desa ke kota , khususnya ke kota Jakarta , banyak orang yang beranggapan bahwa mencari pekerjaan di Jakarta itu mudah jadi banyak orang yang berbondong-bondong datang ke Jakarta dengan alasan demikian , padahal anggapan seperti itu salah besar , seseorang dapat memperoleh pekerjaan itu harus di dampingi dengan skill yang mempuni dan ketrampilan sehingga dengan modal itu semua seseorang insyaallah akan mudah untuk memeperoleh pekerjaan , jangan hanya datang ke kota khususnya kota Jakarta hanya didampingi modal nekat modal angan-angan yang tinggi untuk menjadi orang yang sukses tanpa ditopang dengan apa yang namanya skill.

Dengan Jakarta sebagai pusat tujuan ribuan orang untuk urbanisasi , tempat untuk mengadu nasib di Jakarta , walaupun kebanyakan orang yang merantau tersebut tidak mempunyai skill yang mempuni tetapi kebanyakan orang tersebut hanya yakin bahwa dengan dirinya merantau ke Jakarta nasib mereka akan berubah walaupun aggapan seperti itu sebenarnya salah , mereka rela meninggalkan orang-orang tercinta hanya untuk mencari peruntungan.gak semuanya juga sihh yang merantau ke Jakarta tidak mendapatkan apa – apa , ada juga kok yang sukses , tetapi saya yakin orang yang merantau ke Jakarta lalu sukses pastinya mereka memiliki mental yang kuat dan tentunya memiliki skill yang mempuni.

Tetapi ada juga tu yang merantau ke Jakarta tidak mendapatkan hasil apa-apa mereka kalah bersaing                                                              dengan orang – orang yang memang mempunyai skill yang memadai mereka di Jakarta hanya bekerja sebagai pemulung , kuli bangunan, kerja serabutan , yang penghasilannya juga tak menentu , kadang ada juga yang tidak makan hanya karena tidak mendapatkan uang untuk membeli makanan , sangat ironis sekali di zaman yang serba modern ini masih ada juga orang-orang yang kelaparan ….Kan dalam undang-undang  sudah jelas bahwa orang-orang miskin itu menjadi tanggungan pemerintah.

3,75 % penduduk Jakarta berada dibawah garis kemiskinan , sunnguh sangat ironis di balik gedung-gedung yang menjulang tinggi masih saja ada orang yang tidak mempunyai tempat tinggal. Kebanyakan orang-orang  dari mereka yang tidak mempunyai tempat tinggal mereka yang merantau ke kota Jakarta hanya bermodalkan nekat mereka yang kalah bersaing sehingga akhirnya harus rela tidur di emperan-emperan toko , di bawah kolong jembatan yg suatu saat bisa mengancam nyawa mereka.

Di televisi saya pernah melihat ada orang yang di berikan julukan manusia gerobak , mengapa demikian ? .. karena di sepanjang hidupnya hidup bersama gerobak yang di bawa ke mana-mana , segala macam aktivitas beliau lakukan di gerobak tersebut seperti tidur kalau malam ya di gerobak tersebut , padahal gerobak tersebut juga di gunakan untuk memungut samapah , apa tidak bau yaa … apapun rela di lakukan demi bisa hidup , yang lebih ironis lagi di gerobak tersebut juga tedapat seorang anak kecil yang usianya kira-kira 2 tahtunan lah … hmmm kasian bener ya .. semoga mereka di ketabahan  dan kuat menghadapi cobaan tersebut…aminnn…

Jakarta baru-baru ini merayakan ulang tahun yang ke 485 tahun wihh udah tua yaa…perayaan di ulang tahun Jakarta yang ke 485 thn di warnai dengan pesta kembang api  di tugu monas di mana acara tersebut luar biasa meriahnya …  tetapi di balik kebahagiann pesta perayaan ulang tahun kota Jakarta tersebut terselip rasa sedih yang mendalam .di usia yang sudah tua tersebut masih saja Jakarta memiliki sifat ke kanak-kanakan , mengapa saya bilang begitu ,dI usia yang sudah  tua tersebut masih banyak kita mendengar berbagai masalah – masalah yang menimpa kota Jakartang yang sekan-akan masalah tersebut tidak dapat di selesaikan oleh pemerintah , terkhusus oleh Gubernur DKI.

Masalah-masalah yang sering kita dengar yakni masalah banjir , seperti lagunya almarhum bang Benyamin “ Jakarta …. Kebanjiran …..” masalah banjir merupakan masalah utama yang setiap tahunnya pasti dialamin oleh kota Jakarta . Seakan – akan  pemerintah tidak mampu untuk mengatasi hal tersebut , dan parahnya lagi seolah pemerintah tidak bisa belajar dari pengalaman-pengalaman tahun-tahun sebelumnya , seakan pemerintah tidak memiliki solusi yang jitu untuk mengatasi hal tersebut.

Belum lagi sekarang sudah menjelang musim hujan , pemerintah harus lebih sigap mengatasi yang namanya banjir , atau mungkin karena system serap air sudah tidak ada lagi karena semuanya tertutup oleh beton-beton sehingga air tidak bisa meresap ke dalam tanah sehingga tergenang di jalan – jalan , atau mungkin karena sauran air atau selokan ltersumbat oleh banyaknya sampah yang akibat perilaku buruk masyarakat yakni membuang sampah sembarangan itulah yang membuat sampah menumpuk dan menutup jalan air sehingga air tidak mengalir dengan lancar dan akibatnya ketika turun hujan terjadilah banjir .

Sebenarnya banjir itu isa diatasi apabila masyarakat memiliki kesadaran yang tinggi akan kebersihan linggkungan , insyaallah  musibah seperti banjir dapat di netralisir.Itu baru satu masalah yang saya bahas , dan masih banyak lagi masalah – masalah yang di hadapi kota Jakarta . Semoga saja masalah – masalah  tersebut dapat teratasi di tahun-tahun kedepan , dan tentunya kita merindukan kota Jakarta menjadi kota yang bebas akan banjir , kemacetan , jln rusak dll.aminn.

 

Iklan

About muhajirinsholeh

saya adalah pemuda yang ingin hidup sukses dunia akhirat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s