Mendakwah Perdana

Assalamualaikum WR.WB

Saudaraku yang saya cintai karena Allah SWT, ini adalah pengalamanku yang menyangkut tentang mendakwakwai sesama umat muslim, jadi ini merupakan pengalaman yang sangat lucu ketika harus mendakwai seseorang, ini merupakan pengalaman perdana atau bisa dikatakan pertama dalam hidupku, ikhwah sekalian sebelum saya melanjutkan cerita saya, izinkanlah saya memperkenalkan diriku sejenak, nama saya adalah, MUHAJIRIN, saya merupakan mahasiswa di salah satu perguruan tinggi swasta di kota Malang, jadi kisahku menjadi murobbi adalah di mulai dari dalam kampus ini., langsung saja, jadi kisahnya seperti ini ….

             Pada waktu itu bertepatan dengan penerimaan MABA (Mahasiswa Baru), di kampus ku, aku di amanahin untuk menjadi murobbi semua MABA khususnya di jurusan IESP (Ilmu Ekonomi Study Pembangunan), jadi ketika ada mahasiswa masuk jurusannku aku di amanahin untuk mengscraning atau memberikan masukan mengenai agama dan juga memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan agama, disinilah terdapat kisah menarik dan juga lucu dibalik itu semua….

Pada waktu itu ada mahasiswa baru yang menghadap saya untuk minta di scraning masalah agama si anak tersebut berinisial (M), pada waktu itu juga saya langsung memberikan beberapa pertanyaan, yang dimana waktu itu saya ingin sekali membahas mengenai nabi, saya ingin mengetes pemahamannya kembali tentang kenabian, Ketika saya memulai pertanyaan saya mengenai Nabi, yang dimana tujuan saya yakni ingin mengetes pemahamanny kembali terhadap nabinya, pertanyaan saya seperti ini : Siapa nabi pertama kita de’ ?jawaban si M: hmm, anuu kak, nabi Isa, spontan aku mendengar jawaban tersebut terkaget-kaget sekali, masyaallah banget, bisa-bisanya keluar jawaban seperti itu, muncul beberapa pertanyaan di dalam diriku Yakni apakah si anak ini tidak pernah belajar agama, ataukah pengetahuan agamanya telah ia lupakan semua. Kemudian aku bertanya kepada si anak tersebut, masak sih nabi Isa jawabannya, si M menjawab : kayaknya sih iya kak, tindakan saya pun selanjutnya, saya menyuruh si anak tersebut untuk bertanya kepada salah satu temanku yang kebetulan berada di samping kanan saya, akhirnya si anak tersebut pun menghampiri teman saya dan mennyakan siapakah sebenarnya nabi pertama ??? tidak berselang lama ia pun kembali menghadap saya dengan cengar-cengir, jelas terlihat raut wajah  malu terpancar dari mukanya, kemudian si anak tersebut pun membenarkan jawabannya tadi sebelumnya yang di mana jawaban pertamanya yakni nabi Isa, akhirnya jawabannya kali ini yakni nabi pertama itu nabi Muhammad kak, sambil tersenyum malu, aku pun bertanya kepada si anak tersebut, kok bisa gak tau sih siapa nabi pertama kita…. jawaban si anak : anuu kak… lupa, perasaan saya sih memang nabi Isa lah nabi pertama.

Masyaallah-masyaallah, itulah sepenggal pengalamanku yang bisa di bilang sebuah pengalaman yang berkesan dan bisa di katakan lucu juga… heheh…         

Itu merupakan salah satu kelemahan dari mahasiswa zaman sekarang, yang dimana rata-rata mahasiswa sekarang lemah akan pemahaman agama, bahkan ada yang sampai ada yang sampai seperti itu, semoga saja ditahun mendatang tidak ada mahasiswa yang seperti itu, amin..

Iklan

asyiknya kuliah

asyiknya kuliah itu ketika , ngumpul dengan teman2 dari seluruh Indonesia, dimana kita dapat saling mengenal kebiasaan, adat istiadat, agama, dan lain2,,seru pokoknya…

Bukan Pondok Pesantrennya yang salah melainkan beberapa alumninya yang tidak mendapatkan petunjuk dari Allah SWT.

Ketika saya membaca berita tersebut saya merasa prihatin dan kasihan kepada “ Pondok Pesantren Ngruki “ bagaimana tidak, dari beberapa pelaku tindakan teroris beberapa merupakan alumni dari pondok pesantren tersebut. Dari kejadian tersebut akhirnya pondok pesantren tersebut dikait-kaitkan dengan “Terorisme“.
Jelas dari kejadian tersebut pasti akan timbul berbagai macam image dari masyarakat sekitar maupun dari masyarakat luar, yang selama ini hanya mengetahui bahwa pondok pesantren merupakan wadah untuk mendidik anak menjadi anak yang memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik, tetapi malah dari lulusan pondok pesantren yang menjadi pelku tindakan teroris “ masyaallah “
who are is wrong.?…………………….
Untuk menjawab pertanyaan tersebut , mari kita melihat kembali apa yang di katakan Bapak helmi “Pondok pesantren sebenarnya untuk membentengi dari hal-hal negatif atau buruk. Peran pondok pesantren sangat penting. Jika ada seperti kemarin, dimana ada yang terlibat terorisme, maka itu karena personalnya sendiri. Pondok pesantren itu tidak mengajarkan hal-hal seperti itu,” Saya sangat setuju dengan apa yang di katakan bapak helmi tersebut , bahwa persnolnya lah yang salah , para teroris itu hanya mementingkan kepentingan mereka sendiri , mereka melakukan hal-hal yang tidak bermoral mereka juga melakukan hal-hal yangtidak berpererikemanusiaan , mereka telah membunuh ratusan orang yang tidak bersalah, mereka hanya mengatasnamakan islam hanya beralasan bahwa itu semua adalah jihad, persepsi mereka semua itu salah ,saya teringat perkataan dari Umar patek bahwa Kalau ingin berjihad,maka berjihadlah di negara-negara muslim yang membutuhkan pertolongan seperti Palestina , kalau jihad-jihad yang dilakukan para teroris sekarang itu salah besar..Jika jihad itu bermakna membela agama, menjaga keutuhan bangsa dan negara, meniadakan perbedaan antar aliran pemikiran, sekte, perjuangan melawan kebodohan dan fanatisme dan rasisme, melawan politeisme, bid’ah, takhayul, dan sihir, maka kita semua adalah para pejuang di jalan Allah.
Namun, jika jihad diberi makna dan pemahaman sebagai penghancuran tanah air, penghancuran hasil pembangunan, merusak fasilitas umum, merusak property, menteror orang yang tidak bersalah, dan membunuh mauahhad (non muslim yang dilindungi/ahlud dzimmah), mengkhianati rakyat, mudah membunuh mereka yang seharusnya dilindungi, menjarah harta kekayaan, dan menciptakan ketidaknyamanan dan ketidaktenteraman, mengganggu suasana kebangsaan, maka itu tak masuk dalam pengertian jihad semacam itu ,
Semoga saja para pelaku teroris di berikan petunjuk oleh allah SWT , dan segera kembali ke jalan yang benar , mari kita bersama-sama memerangi yang namanya treoris , agar yang namanya teroris sudah tidak ada lagi di Negara kita ..Amin…

KPK Jerat 2 Jenderal Polisi dalam Kasus Korupsi Rp 198m

Saya merasa sangat sedih ketika membaca artikel VOA  mengenai terseretnya seorang wakil kepala Korps Lalu Lintas Markas Besar Polisi Republik Indonesia (Mabes Polri) Brigjen Polisi DP, sebagai tersangka kasus korupsi pengadaan alat simulator SIM 2011. Berita ini sangat mengejutkan saya, di mana saya idak habis pikir seorang wakil kepala korps bisa terjerat kedalam kasus korupsi, ini mencerminkan bahwa pemimpin-pemimpin saat ini sudah tidak mempunyai hati nurani, mereka memeperkaya diri mereka sendiri tanpa melihat dampak atau akibat yang di timbulkan , berita tersebut menurutku membuat negara indonesia semakin bersedih akibat dari banyaknya kasus korupsi yang menimpa negeri ini, di mana dari kebanyakan kasus korupsi yang terjadi pelakunya adalah para pemimpin dan pejabat-pejabat negara , sungguh ironis memang, di mana selaknya seoarang pemimmpin dan pejabat negara seharusnya memberikan contoh yang  baik kepada bahawan atau masyarakat secara umum, bukan malah mereka yang menjadi pelaku korupsi itu sendiri , masyaallah,…..

Kita mungkin juga sering mendengar tayangan di televisi berita mengenai korupsi itu sangat santer kita dengarkan , sampai-sampai saya merasa bosan dengan berita mengenai korupsi, timbul pertanyaan dalam hati saya, memangnya aparat penegak hukum tidak bisa memberantas yang namanya korupsi !??huhhh….

masyarakat secara umum saat ini merasa`di hianati oleh para pemimpin mereka sendiri , di mana para pemimpin  yang seharusnya melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya, kini berubah menjadi musuh yang membunuh anggotanya sendiri .para pemimpin sekarang seakan menindas hak masyarakat sipil, bisa kita ambil contoh masalah yang saat ini terjadi di indonesia seperti kemiskinan , kemiskin an itu sendiri dapat terjadi karena diakibatkan dengan adanya tindakan korupsi, hal itu dapat terjadi karena uang korupsi itu adalah uang masyarakat yang di mana uang tersebut seharusnya di alokasikan untuk membantu orang-orang miskin, anak yatim dll,, tetapi yang kita lihat apa coba’ , uang tersebut malah di korupsi oleh orang – orang yang tidak bertanggung jawab dan tidak memiliki hati nurani.

ya allah semoga saja orang-orang yang melakukan tindakan korupsi di beri ampunan oleh allah dan di bukakan pintu hatinya, dan semoga saja di tahun-tahun kedepan tidak akan terjadi lagi yang namanya korupsi, dan saya harap hukum di negeri ini lebih tegas lagi jangan mau bila hukum di beli dengan uang , hukumlah tersangka korupsi dengan seberat-beratnya hukuman agar mereka yang melakukan tindakan korupsi dapat jera dan calon pelaku korupsi tidak jadi melakukan tindakan korupsi….amin….

opini tentang jakarta

DIBALIK SENYUMMU TERSELIP

RASA SEDIH YANG MENDALAM

Jakarta oh Jakarta namamu begitu indah di dengar,kotamu begitu indah di pandang mata ,itulah ibukota Indonesia yakni Jakarta . Dibalik kemegahan dan keeksotisannya tersimpan banyak cerita yang layak untuk di simak dan ditelusuri bersama . Jakarta merupakan tempat yang sangat eksotis , pantas jika Jakarta disandang sebagai  kota metropolitan tempatnya orang menuntut Ilmu , berbisnis ,mencari pekerjaan, dan tempatnya orang mengadu nasib dll . Ribuan orang tiap tahunnya melakukan urbanisasi dari desa ke kota , khususnya ke kota Jakarta , banyak orang yang beranggapan bahwa mencari pekerjaan di Jakarta itu mudah jadi banyak orang yang berbondong-bondong datang ke Jakarta dengan alasan demikian , padahal anggapan seperti itu salah besar , seseorang dapat memperoleh pekerjaan itu harus di dampingi dengan skill yang mempuni dan ketrampilan sehingga dengan modal itu semua seseorang insyaallah akan mudah untuk memeperoleh pekerjaan , jangan hanya datang ke kota khususnya kota Jakarta hanya didampingi modal nekat modal angan-angan yang tinggi untuk menjadi orang yang sukses tanpa ditopang dengan apa yang namanya skill.

Dengan Jakarta sebagai pusat tujuan ribuan orang untuk urbanisasi , tempat untuk mengadu nasib di Jakarta , walaupun kebanyakan orang yang merantau tersebut tidak mempunyai skill yang mempuni tetapi kebanyakan orang tersebut hanya yakin bahwa dengan dirinya merantau ke Jakarta nasib mereka akan berubah walaupun aggapan seperti itu sebenarnya salah , mereka rela meninggalkan orang-orang tercinta hanya untuk mencari peruntungan.gak semuanya juga sihh yang merantau ke Jakarta tidak mendapatkan apa – apa , ada juga kok yang sukses , tetapi saya yakin orang yang merantau ke Jakarta lalu sukses pastinya mereka memiliki mental yang kuat dan tentunya memiliki skill yang mempuni.

Tetapi ada juga tu yang merantau ke Jakarta tidak mendapatkan hasil apa-apa mereka kalah bersaing                                                              dengan orang – orang yang memang mempunyai skill yang memadai mereka di Jakarta hanya bekerja sebagai pemulung , kuli bangunan, kerja serabutan , yang penghasilannya juga tak menentu , kadang ada juga yang tidak makan hanya karena tidak mendapatkan uang untuk membeli makanan , sangat ironis sekali di zaman yang serba modern ini masih ada juga orang-orang yang kelaparan ….Kan dalam undang-undang  sudah jelas bahwa orang-orang miskin itu menjadi tanggungan pemerintah.

3,75 % penduduk Jakarta berada dibawah garis kemiskinan , sunnguh sangat ironis di balik gedung-gedung yang menjulang tinggi masih saja ada orang yang tidak mempunyai tempat tinggal. Kebanyakan orang-orang  dari mereka yang tidak mempunyai tempat tinggal mereka yang merantau ke kota Jakarta hanya bermodalkan nekat mereka yang kalah bersaing sehingga akhirnya harus rela tidur di emperan-emperan toko , di bawah kolong jembatan yg suatu saat bisa mengancam nyawa mereka.

Di televisi saya pernah melihat ada orang yang di berikan julukan manusia gerobak , mengapa demikian ? .. karena di sepanjang hidupnya hidup bersama gerobak yang di bawa ke mana-mana , segala macam aktivitas beliau lakukan di gerobak tersebut seperti tidur kalau malam ya di gerobak tersebut , padahal gerobak tersebut juga di gunakan untuk memungut samapah , apa tidak bau yaa … apapun rela di lakukan demi bisa hidup , yang lebih ironis lagi di gerobak tersebut juga tedapat seorang anak kecil yang usianya kira-kira 2 tahtunan lah … hmmm kasian bener ya .. semoga mereka di ketabahan  dan kuat menghadapi cobaan tersebut…aminnn…

Jakarta baru-baru ini merayakan ulang tahun yang ke 485 tahun wihh udah tua yaa…perayaan di ulang tahun Jakarta yang ke 485 thn di warnai dengan pesta kembang api  di tugu monas di mana acara tersebut luar biasa meriahnya …  tetapi di balik kebahagiann pesta perayaan ulang tahun kota Jakarta tersebut terselip rasa sedih yang mendalam .di usia yang sudah tua tersebut masih saja Jakarta memiliki sifat ke kanak-kanakan , mengapa saya bilang begitu ,dI usia yang sudah  tua tersebut masih banyak kita mendengar berbagai masalah – masalah yang menimpa kota Jakartang yang sekan-akan masalah tersebut tidak dapat di selesaikan oleh pemerintah , terkhusus oleh Gubernur DKI.

Masalah-masalah yang sering kita dengar yakni masalah banjir , seperti lagunya almarhum bang Benyamin “ Jakarta …. Kebanjiran …..” masalah banjir merupakan masalah utama yang setiap tahunnya pasti dialamin oleh kota Jakarta . Seakan – akan  pemerintah tidak mampu untuk mengatasi hal tersebut , dan parahnya lagi seolah pemerintah tidak bisa belajar dari pengalaman-pengalaman tahun-tahun sebelumnya , seakan pemerintah tidak memiliki solusi yang jitu untuk mengatasi hal tersebut.

Belum lagi sekarang sudah menjelang musim hujan , pemerintah harus lebih sigap mengatasi yang namanya banjir , atau mungkin karena system serap air sudah tidak ada lagi karena semuanya tertutup oleh beton-beton sehingga air tidak bisa meresap ke dalam tanah sehingga tergenang di jalan – jalan , atau mungkin karena sauran air atau selokan ltersumbat oleh banyaknya sampah yang akibat perilaku buruk masyarakat yakni membuang sampah sembarangan itulah yang membuat sampah menumpuk dan menutup jalan air sehingga air tidak mengalir dengan lancar dan akibatnya ketika turun hujan terjadilah banjir .

Sebenarnya banjir itu isa diatasi apabila masyarakat memiliki kesadaran yang tinggi akan kebersihan linggkungan , insyaallah  musibah seperti banjir dapat di netralisir.Itu baru satu masalah yang saya bahas , dan masih banyak lagi masalah – masalah yang di hadapi kota Jakarta . Semoga saja masalah – masalah  tersebut dapat teratasi di tahun-tahun kedepan , dan tentunya kita merindukan kota Jakarta menjadi kota yang bebas akan banjir , kemacetan , jln rusak dll.aminn.

 

development economics


Studies Program in Economics and Development Studies University of Malang is one of four courses in the program of study at the Faculty of Economics, University of Muhammadiyah Poor. vision, mission and objectives of the program refers Studies Faculty and University. Competency-based curriculum that is formulated to achieve the target of vision, mission and purpose is. The organizational structure of the course consists of the Chairman and Secretary-study program that has elements of implementing a program of study is the Head of the Laboratory, Coordinator Interests / concentration, effort Library, Coordinator of Research & Community Services and Administration.

Number of faculty courses as many as 31 people (consisting of 23 people Lecturer Permanent Study Program, and 8 people Lecturer non-permanent). Based on his education consisted of one person of Professor, Doctor of 6 people (5 men and 1 permanent non-permanent lecturers, 24 people graduated from stratum 2, with the number of active students in the academic year 2007/2008 as many as 320, the ratio of faculty and students is 1: 10.

The atmosphere is very conducive to academic self-owned facilities and all activities of teaching and learning process (PBM) went smoothly. Facilities and infrastructure is complete, thus greatly affecting the activities of the PBM. Lecturers who mengampu courses according to their respective fields and have adequate experience, so that the implementation of strategies and methods of teaching is good. Students actively take part in lectures and intra-and extra-campus activities.Academic evaluation system has been made through the Academic Quality Control Board (BKMA)Muhammadiyah University of Malang and Studies Program.

Recruitment of new students is done through a good system is to be a written test Academic Potential Test (TPA) and the English language and test interview. Recruitment is done under control of the Technical Unit Admissions (UPT-PMB) University of Malang. However, the issue of new students Development Economics courses tend to decline.

Research activities of faculty and students have many, well-funded university, Higher Education institutions as well as from other agencies. Seminar and published research results through scientific journals and http://digilib.umm.ac.id . Community service activities are also good, well-funded by internal UMM, Higher Education and co-operation with the Ministry of Education and Affairs.

In order to improve services to stakeholders, the study program of Economic Development to use information technology facilities provided by the university, namely in the form of internet and intranet access. Through Internet access, we have performed the centralized management of the academic administration with program management Academic Administration (MAA) . By using the MAA academic administrative services could be improved. There was also a digital library facilities to facilitate the search for scientific information from multiple sources colleges who are members of Indonesian Digital Library Network (IDLN).

In realizing the vision, mission and objectives of the study program of Economic Development, the strategies implemented are:

  1. Develop optimal laboratory department in order to produce quality graduates who are competent and excel in the field kompetetif Industry and Banking and Development Planning.
  2. Continuous improvement of teaching-learning activities through the development and evaluation of curriculum, teaching methodology development and utilization of multimedia-based learning and academic quality and reliability of measurements of the quality assurance of academic quality.
  3. Increased student capability through the development of entrepreneurial skills, and fluency in English improvement, intensify co-korikuler activities and increasing involvement in regional events, national and international scientific activities.
  4. Enhance the capability and commitment of staff / faculty academic education through innovation and increased scientific competence through enhanced research and public service performance, laboratory performance majors as well as further studies.
  5. Strengthen the performance of laboratory and library facilities to support the strengthening of professional expertise in the banking industry as well as planning and development.
  6. Improve the quality of a student with inviting, sending qualified students on a variety of events, both regionally and nationally.
  7. Improve and enhance the academic skills of professionals with an adequate bring in technical assistance, conducted a series of workshop conferences, seminars and workshops and increasing number of media publications.
  8. Increase the relevance of strengthening collaboration between the Department of Economics and Development Studies with the private sector and other sectors through the development of professional activity, on the job training, training activities together and continuing education alumni.
  9. Actively and progressively seek external funding sources in order to increase the effectiveness of the quality of learning and research faculty who collaborate with external agencies, as well as engage students in a number of faculty research and service.

mario teguh

menghilangkan rasa takut

sejarah antariksa

Para astronom berhasil membuat peta kosmos terbesar. Tak

 
hanya informasi soal tempat, ada juga susunan alam raya.
 
“Jika demikian, di manakah letak Sukoharjo?” Itu sungguh pertanyaanbercanda ketika BBC Online Network menurunkan artikel berjudul “PetaSemesta”. Di sana diceritakan bahwa para ahli astronomi telah berhasilmenciptakan peta kosmos terbesar. Sebuah peta tiga dimensi yang berisisusunan alam semesta beradius 700 juta tahun cahaya. Atau samadengan enam juta juta mil. (Sayang tak disebutkan oleh BBC, berapaukuran peta ini?-red).
 
Tentu saja apa yang berhasil dipetakan tersebut sebuah medan yangamat luas. Ruang lingkup manusia sendiri hanyalah sebuah fraksi kecilsaja dari alam semesta ini-yakni kurang lebih sepersepuluh ribu bagian.
 
“Hingga sekarang, inilah ukuran peta terbesar yang pernah dibuat,” kataProfesor Carlos Frenk dari Universitas Durham, Inggris, bangga. Ia adalahsalah seorang pembuat peta kosmis (cartoghrapers) tersebut. Pembuatanpeta itu, menurutnya, membutuhkan waktu tak kurang sepuluh tahun.”Peta ini merupakan perwakilan dari seluruh kosmis,” ujar Prof Frenk. Para
 
ilmuwan memang berpikir, mereka telah berhasil memetakan wilayah yang
 
merupakan representasi alam semesta.
 
Dengan menggunakan seluruh survei langit yang dikerjakan oleh SatelitAstronomi Infra Merah (Infra-Red Astronomical Satellite atau IRAS), sebuahtim ahli astronomi internasional memang telah memetakan posisi 15.500galaksi. Mereka meletakkan benda-benda langit itu dalam sebuah peta tiga
 
dimensi dan menciptakan peta terbesar sepanjang masa. “Kami merasadeg-degan waktu pertama kali mengeluarkan peta itu dari komputer,” kataProf Frenk. “Kami tahu inilah peta terbesar dalam sejarah.”
 
Gumpalan Hampa. Lebih jauh lagi, dengan peta ini, “Kita akan bisamenjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai alam semesta,” janji Frenk.Contohnya adalah hal berikut ini. Gambaran utama peta dahsyat tersebutadalah berbagai supercluster (mega-gumpalan besar benda langit) galaksi
 
 
 

(yang menyusun alam semesta). Seperti dipahami, sistem bintang kitaterjadi dari gumpalan-gumpalan-mulai dari sedikit hingga ratusan-galaksi.Nah, gumpalan-gumpalan itu mengelompokkan diri menjadi sebuahgumpalan besar galastis yang bisa dilihat di dalam peta.
 
Para astronom sendiri amat tertarik pada kehampaan- kehampaan diantara dua gumpalan yang ada. “Mereka benar-benar hampa,” kata Frenk.Menurutnya itu bukan galaksi yang benar-benar bebas, namun mereka jauh lebih jarang dibandingkan dalam supercluster. Aspek yang pentingdari peta ini adalah rasio ukuran supercluster dan kehampaan. Hal inidiyakini akan menjadi sesuatu yang fundamental dalam pembentukanalam semesta.
 
Soal lain yang bisa diketahui adalah zat-zat pembentuk struktur alamsemesta. Karena, peta ini juga memasukan informasi mengenai
 
pengkodean zat-zat yang membentuk alam semesta tersebut. “Struktur yang kita lihat terbentuk dari kekuatan yang penting dalam alam semesta,yaitu gravitasi,” cetus Frenk.
 
Gravitasi itu pulalah yang menentukan ukuran supercluster. Dari managravitasi yang dimaksudkan itu? Konon ia datang dari “zat gelap” misterialam semesta. “Berdasar itu kami bisa menggunakannya untukmenentukan apakah zat gelap itu seperti halnya nasib alam semesta itusendiri?” harap Frenk. Dari distribusi zat tersebut, para ilmuwan berpikir 
 
bahwa alam semesta akan berkembang selamanya.
 
Peta terakhir. Berbagai ragam informasi macam itulah yang membuatimpian Frenk cepat melesat. Ia mambayangkan, suatu hari nanti peta
 
semesta itu akan digantung di setiap ruang belajar anak-anak. Dan jika itu
 
terwujud, diharapkan juga akan ada panah petunjuk ke arah pusat dari petadengan tulisan, “Di sinilah kita berada.” (Tentu saja tidak lantas kita bisa
 
bertanya, “Jadi, di manakah wilayah Sukoharjo? –Red.).
 
Menurut para astronom, ini adalah peta terakhir dari jenisnya yang telah(berhasil) dibuat. Dan dibutuhkan satu dekade lagi untuk membuat jenislainnya. Untuk itu, bahkan dibutuhkan sebuah survei langit infra-merah (IR)yang mampu menjangkau lebih jauh-ketimbang IRAS-ke sudut-sudutkosmis. Namun para astronom kini tengah mengkaji angkasa lebih
 
dalam lagi dengan petunjuk yang pasti. Sebuah proyek yang dikerjakanInggris dan Australia tengah menyusun posisi 250.000 galaksi dalamsebuah peta langit kecil.
 
Pembuatan peta tersebut, agaknya, merupakan kemajuan berarti dalamsejarah perpetaan sejak 200 silam. Waktu itulah untuk pertama kalinyamanusia menemukan planet lain di luar sistem solar kita. Dan, sejaksaatitu para nenek moyang lantas memetakan posisi bintang terdekat dan
 

 

menemukan galaksi di mana kita tinggal.

perkembangan ilmu

perkembangan ilmu pada masa modern adalah munculnya pandangan baru mengenai ilmu pengetahuan. Pandangan itu merupakan kritik terhadap pandangan Aristoteles, yaitu bahwa ilmu pengetahuan sempurna tak boleh mencari untung, namun harus bersikap kontemp … ilmu pada masa modern adalah munculnya pandangan baru mengenai ilmu pengetahuan. Pandangan itu merupakan kritik terhadap pandangan Aristoteles, yaitu bahwa ilmu pengetahuan sempurna tak boleh mencari untung, namun harus bersikap kontemplatif, digant … pengetahuan. Pandangan itu merupakan kritik terhadap pandangan Aristoteles, yaitu bahwa ilmu pengetahuan sempurna tak boleh mencari untung, namun harus bersikap kontemplatif, diganti dengan pandangan bahwa ilmu pengetahuan harus mencari untung, arti … abad-abad berikutnya, di dunia barat dan di dunia luar barat, dijumpai keyakinan dan kepercayaan bahwa kemajuan yang di capai oleh pengetahuan manusia khususnya ilmu-ilmu alam, akan membawa perkembangan manusia pada masa depan yang semakin gemilang … kontemporer ditandai dengan berbagai teknologi canggih. Teknologi dan informasi termasuk salah satu yang mengalami kemajuan yang pesat. Mulai dari penemuan komputer, satelit komunikasi, internet dan lain-lain. Manusia dewasa ini memiliki mobilitas y …
Sebagian ciri yang patut mendapat perhatian dalam epistemologis perkembangan ilmu pada masa modern adalah munculnya pandangan baru mengenai ilmu pengetahuan. Pandangan itu merupakan kritik terhadap pandangan Aristoteles, yaitu bahwa ilmu pengetahuan sempurna tak boleh mencari untung, namun harus bersikap kontemplatif, diganti dengan pandangan bahwa ilmu pengetahuan harus mencari untung, artinya dipakai untuk memperkuat kemampuan manusia di bumi ini.Pada abad-abad berikutnya, di dunia barat dan di dunia luar barat, dijumpai keyakinan dan kepercayaan bahwa kemajuan yang di capai oleh pengetahuan manusia khususnya ilmu-ilmu alam, akan membawa perkembangan manusia pada masa depan yang semakin gemilang dan makmur. Sebagai akibatnya, ilmu pengetahuan selama masa modern sangat mempengaruhi dan mengubah manusia dan dunianya.terjadilah revolusi I (dengan pemakaian mesin-mesin mekanis), lalu revolusi II (dengan pemakaian listrik dan titik awal pemakaian sinar-sinar), dan kemudian revolusi III yang ditandai dengan penggunaan komputer yang sedang kita saksikan dewasa ini.Dengan demikian adanya perubahan pandangan tentang ilmu pengetahuan mempunyai peranan penting dalam membentuk peradaban dan kebudayaan manusia, dan dengan itu pula tampaknya, muncul semacam kecenderungan yang terjalin pada jantung setiap ilmu pengetahuan dan juga para ilmuwan untuk lebih berinovasi untuk penemuan dan perumusan berikutnya.Sedangkan perkembangan ilmu pengetahuan di zaman kontemporer ditandai dengan berbagai teknologi canggih.

bismillah

bismillahirahmanirrahim